Cara mengatasi kunci immobilizer hilang

Cara mengatasi kunci immobilizer hilang.

 Banyak orang menanyakan pada saya bagaimana menggunakan alat Immobilizer atau software immobilizer seperti Immo ecu decoding, Immo killer v1.1, dan alat register kunci immobilizer lainnya . Untuk memenuhi permintaan ini, saya menulis blog  untuk  prosedur penanganan immobilizer dasar dengan menggunakan alat eksternal. Prosedur ini juga berlaku untuk reset immobilizer toyota, dimana istilah reset pada toyota immobilser adalah dengan mengganti isi Memori EEprom pada ECU immobilizer lama dengan data baru atau di kenal dengan "Virgin dump" data berisi data Immo ECU baru yang belum pernah terpasang di kendaraan . sehingga ECU Immobilizer lama dianggap baru oleh sistem immobilizer .dan anda bisa meregister/ mengenalkan kunci dengan cara manual..
cara kerja immobilizer
penjelasan singkat sistem immobilizer.
 Penggunaan sistem immobilizer  dan  kunci transponder, dimana semua komponen dienkripsi / di codekan untuk memungkinkan sistem mengenali kunci kontak pemilik kendaraan dan mematikan sistem ECU mesin apabila menggunakan kunci lain yang kodenya berbeda . Data yang digunakan untuk proses tersebut disimpan dalam chip memori, semua disimpan dalam EEPROM yang terletak di internal engine ECU maupun eksternal engine ECU.Dalam kebanyakan sistem Immobilizer, chip yang digunakan sebagai memori penyimpanan adalah EEPROM seri SMD dari salah satu djenis berikut :: 
24C0x (contoh: 24C02 atau 24C04 atau 24c08, dll) 
250xx (contoh: 25020 atau 25040 atau 25080, dll) 
93Cxx (contoh: 93C46 atau 93C56 atau 93C66, dll) 
950xx (contoh: 95020 atau 95040 atau 95080 , dll)
toyota vios immobilizer ECU

Semua chip memori di atas, mempunyai 8 kaki, Dengan ukuran sekitar 5mm x 4mm dan perbedaan antara chip adalah ukuran memori, algoritma komunikasi, kecepatan dalam KHz dan MHz, tegangan, suhu dan beberapa faktor lainnya. Semua yang perlu Anda ketahui tentang chip memori ini adalah bagaimana mengkonfigurasi IC programmer Anda sehingga Anda dapat membaca dan menulis chip tersebut. Untuk mereset immobilizer Anda hanya perlu membaca dan / atau menulis data pada chip ini.Ada beberapa kasus di mana data immobilizer tidak disimpan dalam IC EEPROM , tetapi disimpan dalam chip utama ( prosesor), yang berisi software ecu. 
.Untuk chip yang menjadi satu dengan prosesor ini tidak di terangkan dalam artikel ini, hanya keterangan dengan EEPROM yang terpisah.
UPA USB programmer

 Perangkat atau programmer EEPROM Anda dapat menggunakan tipe apapun  yang tersedia,yang penting mendukung IC EEPROM seperti contoh diatas. Ada banyak peralatan yang tidak mahal tapi bisa berfungsi dengan baik.Tetapi jika Anda ingin melakukan hal ini sering, investasi terbaik adalah  membeli programmer yang mendukung sebanyak mungkinjenis IC EEPROM . Saya sering menggunakan  programmer UPA usb dan Wellon IC Programmer,alat yang sama yang saya gunakan untuk merubah odometer digital.

Berikut cara mengatasi kunci immobilizer yang hilang dengan cara sederhana dan cepat berlaku untuk semua merk kendaraan.
Siapkan alat alat berikut
1. IC programmer .
Alat ini berfunsi untuk membaca isi memori eprom dari Immobilizer ECU.
Saya pribadi menggunakan alat UPA usb programmer dan Wellon VP390 alat yang sama sy gunakan untuk membaca IC eproodometer seperti tutorial cara merubah odometer digital.

2. Alat key programmer

Key programmer adalah Alat untuk membuat kunci immobilizer dari file eprom yang telah si baca oleh alat ic programmer.
Sy menggunakan MINI ZEDBULL dalam praktek tersebut. Di pasaran ada ada banyak macam universal key programmer seperti AD900 ,CN900, dan lain2.

3.Kunci immobilizer pengganti.

immo chip


Untuk pengganti kunci yang hilang anda bisa memilih membeli kunci kosong  atau membeli chipnya saja.
Untuk tepatnya pemilihan tipe kunci sebaiknya anda memilih membeli kunci kosong dari dealernya.namun jika anda sudah paham tipe tipe kunci immobilizer, tidak masalah anda membeli chipnya.

Langkah kerja
1.Buka ic eprom dari immobiliser ECU



2.Baca memory ic tersebut dengan dengan alat IC programmer UPA usb

3.simpan file tersebut di komputer .simpan dalam dua file dengan nama yang berbeda. Satu untuk di simpan sebagi file asli dan satunya untuk di edit

4.Buka file eprom yang disimpan tadi dengan program zedbull atau effi


5.Pasang chip immobilizer yang sesuai pada alat key programmer


6. Register chip atau kunci dengan program zedbull atau effi..

8. Pasang kembali ic memory ke immo ecu
9. Pasang modul immo ecu ke kendraan
10.Start kendraan , kunci bisa langsung menghidupkan mesin

Catatan
Beberapa tipe toyota tidak bisa langsung menghidupkan mesin ,harus dilakukan register manual setelah di reset , dengan jumper di soket OBD2 atau menggunakan GTS (mini VCI),

Cara tersebut diatas adalah cara cepat untuk mengatasi maslah kunci hilang.namun cara tersebut tidak aman karena kunci yang lama masih bisa digunakan untuk menghidupkan kendraan tersebut. Cara terbaik adalah dengan mereset code immobilizer atau register ulang kunci di dealer , Anda juga bisa register sendiri dengan alat scanner namun cara ini membutuhkan pin code immobilizer yang biasanya hanya di ketahui oleh dealer kendaraan .
Alternatif lain anda bisa juga menggunakan pin code calculator . Program ini bisa mengetahui pin code dari no chasis yang kita input.

Program Immobilizer
Program zeddbull bisa anda download di sini ZEDBULL pasword by PM
Program Universal Immobilizer Decoding 3.2    UID 3.2  pasword by PM
Immo Killer 1.1
Honda pin code calculator

Contoh Dump FILE
Toyota fortuner 93C66
Toyota Fortuner 93C66 Virgin Dump
Toyota Vios ID ecu
Mitsubishi Grandis

Harga Alat
UPA USB Programmer   Rp .......

Mini ZEDBULL              Rp.............

AD 900                          Rp ..............

Mini Tag key tool            Rp.............
Toyota Smart key maker RP ............

Toyota OBD key maker  RP................


Contoh CHIP key
ID 4D67 Toyota chip

ID 46 Untuk GM

ID 41 PCF7935as

ID 4D60 Glass Transponder


Untuk alat alat yang saya sebutkan di atas bisa di pesan di

"Arbel online" hp 082319298834  atau
 facebook "engine ecu"
 facebook :  https://www.facebook.com/engine.ecu.3




3 comments:

Pencinta Ayam Siap tempur said...

Kia sporteg dgn mslh kunci hilang
Brp harga cipta nya bang

farhanswift said...

berapa bang?

Unknown said...

Kunci Ford Ranger saya hilang, apa bisa dibuatkan yg baru pak, terimah kasih.🙏